twitter

Translate


بسم الله الرحمن الرحيم 

select()

function select($columns='*')

Method select() menentukan bagian SELECT pada query. Parameter $columns menentukan kolom-kolom apa saja yang akan di-select, yang bisa berupa string dengan nama kolom dipisah koma, atau sebuah array dari nama kolom. Nama kolom dapat berisi prefiks table dan/atau alias kolom. Method ini akan secara otomatis memberikan quote pada nama kolom kecuali kolom tersebut mengandung tanda kurung (yang bararti kolom yang diberikan merupakan ekspresi DB).

Berikut ini merupakan beberapa contoh:

// SELECT *
select()
// SELECT `id`, `username`
select('id, username')
// SELECT `tbl_user`.`id`, `username` AS `name`
select('tbl_user.id, username as name')
// SELECT `id`, `username`
select(array('id', 'username'))
// SELECT `id`, count(*) as num
select(array('id', 'count(*) as num'))

selectDistinct()

function selectDistinct($columns)

Method selectDistinct() mirip dengan select(). Hanya saja selectDistinct mengaktifkan flag DISTINCT. Misalnya,selectDistinct(id,username')` akan menghasilkan SQL berikut:

SELECT DISTINCT `id`, `username`
 

insert()

function insert($table, $columns)

Method insert() membuat dan menjalankan statement SQL INSERT. Parameter $table menentukan table yang mana yang disisipkan, sedangkan $columns merupakan sebuah array dengan pasangan nama-nilai yang menjelaskan nilai-nilai kolom yang akan disisipkan. Method tersebut akan memberikan quote pada nama table dan akan menggunakan parameter-binding untuk nilai yang dimasukkan.

Berikut merupakan contohnya:

// buat dan jalankan SQL berikut :
// INSERT INTO `tbl_user` (`name`, `email`) VALUES (:name, :email)
$command->insert('tbl_user', array(
    'name'=>'Tester',
    'email'=>'tester@example.com',
));


update()

function update($table, $columns, $conditions='', $params=array())

Method update() akan membuat dan mengeksekusi statement UPDATE SQL. Parameter $table menentukan table mana yang akan di-update; $columns adalah sebuah array dengan pasangan nama-nilai yang menentukan nilai kolom yang akan di-update; $conditions dan $params mirip dengan where(), yang akan menetapkan klausa WHERE dalam statement UPDATE. Method ini akan memberikan quote pada nama dan menggunakan parameter-binding untuk nilai yang di-update.

Berikut merupakan contohnya:

// buat dan jalankan SQL berikut:
// UPDATE `tbl_user` SET `name`=:name WHERE id=:id
$command->update('tbl_user', array(
    'name'=>'Tester',
), 'id=:id', array(':id'=>1));


delete()

function delete($table, $conditions='', $params=array())

Method delete() membuat dan menjalankan statement SQL DELETE. Parameter $table menentukan table yang mana yang akan dihapus; $conditions dan $params mirip dengan where(), yakni menentukan WHERE di dalam statement DELETE. Method ini akan memberikan quote pada nama.

Berikut salah satu contoh:

//buat dan eksekusi SQL berikut:
// DELETE FROM `tbl_user` WHERE id=:id
$command->delete('tbl_user', 'id=:id', array(':id'=>1));



بسم الله الرحمن الرحيم 

Dalam desain database, composite key adalah kunci yang terdiri dari 2 atau lebih atribut yang secara unik mengidentifikasi suatu kejadian entitas. Setiap atribut yang membentuk kunci senyawa adalah kunci sederhana dalam haknya sendiri.
Hal ini sering bingung dengan kunci composite, meskipun ini juga merupakan kunci yang terdiri dari 2 atau lebih atribut yang secara unik mengidentifikasi suatu kejadian, setidaknya satu atribut yang membentuk kunci komposit bukanlah kunci sederhana.
Contohnya, suatu entitas yang mewakili masing-masing modul siswa hadir di Universitas. entitas ini memiliki nim dan kode_matakuliah sebagai kunci utama. Setiap atribut yang membentuk kunci utama adalah kunci sederhana karena masing-masing merupakan referensi unik ketika mengidentifikasi siswa dalam satu kasus dan modul yang lain.
Sebaliknya, dengan menggunakan contoh yang sama, bayangkan kita mengidentifikasi seorang mahasiswa oleh NamaBelakang + NamaDepan mereka. Di tabel siswa tersebut pada modul kunci utama yaitu NamaDepan + NamaBelakang + kode_matakuliah. Karena NamaBelakang + NamaDepan merupakan referensi unik untuk mahasiswa, itu bukanlah sebuah kunci sederhana, itu adalah kombinasi dari atribut yang digunakan untuk secara unik mengidentifikasi seorang mahasiswa. Oleh karena itu kunci utama untuk entitas ini adalah kunci komposit.
Tidak ada pembatasan diterapkan pada atribut tentang (awal) kepemilikan mereka dalam model data. Ini berarti bahwa setiap satu, tidak ada, atau semua, dari beberapa atribut dalam kunci senyawa dapat menjadi kunci asing. Memang, kunci asing mungkin sendiri menjadi kunci majemuk.

Composite KeyJenis primary key yang menggunakan gabungan dua atau lebih atribut yang dapatmembedakan suatu baris data secara unik.Composite Key (kunci komposit) harus merupakan field yang benar-benar unik tidak boleh ada nilai NULL (kosong).

Smoga bermanfaat.. ^_^

Sumber: 
- http://yanuangga.blogspot.com/2010/05/compound-composite-key.html
http://www.scribd.com/doc/90713462/Composite-Key


بسم الله  الرحمن الرحيم 

Primary Key berguna pada saat menampilkan record hasil pencarian (searching), pengurutan (sorting), dan berbagai operasi query lainnya. Dengan memilih rimary key, proses pencarian, pengurutan dan proses penampilan data dan lainnya berlangsung lebih cepat.
 
Beberapa pengertian Primary Key (kunci utama)
- Primary Key adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, / dengan kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya (unik).
- Primary Key (kunci utama) adalah atribut Merupakan candidate key yang telah dipilih untuk mengidentifikasi setiap record secara unik. Primary key harus merupakan field yang benar-benar unik dan tidak boleh ada nilai NULL
- Primary Key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam table. 
- Primary key, salah satu atrribut dari candidat key dapat dipilih menjadi primary key dengan 3 kriteria sbb :
Ø  Key tersebut lebih natural untuk dijadikan acuan
Ø  Key tersebut lebih sederhana
Ø  Key tersebut cukup uniqe
database tanpa data apapun yang asing. Setiap tabel dapat memiliki satu atau lebih candidate key.
 
Contoh:
File pegawai berisi attribute
Ø  no induk
Ø  No ktp
Ø  Nama
Ø  Tempat lahir
Ø  Tanggal lahir
Ø  Alamat
Ø  Kota
 
No induk dan no ktp adalah kunci calon (Candidate Key) dan untuk kunci utama (primary key) adalah salah satu yang dipilih dari kunci calon. Misalnya No. induk di jadikan primary key, maka primary key nya adalah no induk.
 
Smoga bermanfaat.. ^_^
 
Sumber:  


بسم الله الرحمن الرحيم   

  Foreign Key (kunci Tamu)
Jika sebuah primary key terhubungan ke table/entity lain, maka keberadaan primary key pada entity tersebut di sebut sebagai foreign key. Foreign key adalah Sebuah kumpulan field dalam satu relasi yang digunakan untuk me“refer” (menunjuk) ke suatu baris (tuple) pada relasi yang lain (harus berkorespondensi dengan primary key pada relasi yang kedua), seperti: ‘logical pointer’. Sedangkan hubungan antara keduanya (primary key dan foreign key) di jelaskan sebagai berikut,“Primary Key” adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, atau dengan kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya (unik).“Foreign key” adalah satu attribute yang melengkapi satu relationship yang menunjukan ke induknya, dengan kata lain keduanya saling berkaitan. Perhatikan gambar berikut.
JENIS-JENIS KUNCI DALAM DALAM RELATION DATABASE
Pada gambar diatas, nim pada table mhs adalah primary key. Sedangkan primary key pada table matkul adalah id_matkul. Lalu id_matkul menempel pada table mhs yang kita sebut sebagai foreign key.
Biasanya saya menyebut table yang berisi foreign key sebagai table anak karena table tersebut mengait pada table lain. Sedangkan table yang terkait saya sebut sebagai table induk. Pada contoh table di atas, mhs sebagai table anak sedangkan matkul sebagai table induk.
 
smoga bermanfaat.. ^_^
 


بسم الله الرحمن الرحيم 

Record
Beberapa pengertian tentang Record:
Record merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan untuk menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang. adalah isian data yang dimil iki oleh tabel dan record ini merupakan koleksi dari field-field yang disusun dalam format yang telah ditentukan.
Selama desain sistem, record akan diklasifikasikan sebagai fixed-length record atau variable-length record.
1.      Fixed-length record: tiap instance record punya field, jumlah field, dan ukuran logik yang sama 
2.      Variable-length record : mengijinkan record-record yang berbeda dalam file yang sama memiliki panjang yang berbeda.


Field 
Beberapa pengertian tentang Field:
- Field merupakan implementasi dari suatu atribut data.  
-   Field merupakan unit terkecil dari data yang berarti (meaningful data) yang disimpan dalam suatu file atau basis data.
- Field adalah atribut yang dimi liki oleh suatu tabel.

Cara Menambah Field:
1. Buka f i le Pi lih Table
2. Pil ih Design View
3. Blok f ield yang akan disisipi ( kl ik sebelah kir i nama f ield )
4. Klik insert rows
5. Tuliskan f ields baru
6. Kemudian kl ik close dan Save OK

Menghapus Field:
1. Buka f i le Pi lih Table
2. Pil ih Design View
3. Blok f ield yang akan dihapus
4. Klik edit delete
5. Tuliskan f ields baru
6. Kemudian kl ik close dan Save OK

Merubah Field:
1. Buka f i le Pi lih Table
2. Pil ih Design View
3. Rubah f ield
4. Kemudian kl ik close dan Save OK 


Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampi r sama antara Taskbar Windows
95 – 2000 yaitu dimulai dengan tombol Star t -> Program -> Program MS-Access.
Membuat databases
1. Buka aplikasi Microsof t Access
2. Klik File New
3. Pil ih Blank Database
4. Create nama f ile database
Setelah anda mengisi nama database, anda bisa langsung mengklik tombol create atau
menekan tombol enter.


Smoga bermanfaat.. ^_^


Sumber: 


بسم الله الرحمن الرحيم 

Primary Key
Primary Key merupakan kunci dari suatu table, sehingga haruslah bersifat unik seperti hal nya kunci pada umumnya. Primary Key dapat dianalogikan sebagai kunci pada dunia nyata. Pada dunia nyata, setiap pintu hanya mempunyai 1 kunci saja. Tidak mungkin ada satu pintu mempunyai kunci yang berbeda beda. Begitu juga dengan Primary Key, pada setiap tabel hanya diperbolehkan memiliki satu Primary Key saja, atau biasa disebut dengan PK. Misal terdapat tabel Mahasiswa sebagai berikut:
NIM Nama Tgl_Lahir
20111 Ilmu Web 2011-05-05
20112 Dot Net 2011-05-05
20113 Admin 2011-05-07
Tabel 1
Pada tabel diatas, dapat ditentukan bahwa Primary Key adalah ID karena tidak mungkin ada ID yang sama.
 
Primary Key dalam database adalah Teks atau angka yang ditetapkan sebagai kata kunci untuk menampilkan data tertentu dari beberapa data yang berhubungan atau sesuai dengan primary key yang ditetapkan. Primary key merupakan langkah awal dalam membuat aplikasi database yang dapat bersumber lebih dari satu tabel.

Primary key yang dibahas pada posting ini adalah primary database yang dibuat dari microsoft office access. Primary key dapat dikatakan sebagai kata kunci utama yang akan berfungsi untuk membuka dan menampilkan data khusus

Gambar di bawah ini adalah tampilan awal tabel microsoft office access setelah membuat file.


Cara membuat Primary key tabel aplikasi database microsoft office access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut, yaitu:
1. Klick pada tab Create
2. Klick Table Design
3. Buatkan uraian header kolom tabel
4. Tempatkan pointer kursor pada teks kolom header tabel yang ditetapkan sebagai primakey key
5. Klick Primary key
 
 



Apabila membuat primary key dalam database hal yang perlu diperhatikan adalah Teks pada Field Name dan Data Type antara tabel yang satu dengan lainnya yang ditetapkan sebagai primary key harus sama.

Contoh apabila sudah menetapkan teks NIM pada tabel pertama maka pada tabel lainnya juga harus teks NIM. Dan kalau sudah menetapkan Number pada Data Type tabel pertama maka pada tabel lainnya juga harus Number. Begitu sebaliknya. (perhatikan kedua tabel di atas).

6. Simpan (Ctrl S)
7. Tuliskan nama tabel pada teks box Tabel name
8. Klick Ok
 
smoga bermanfaat.. ^_^

Sumber: 


بسم الله الرحمن الرحيم 

Membuat Tabel Database "perpus" di XAMPP.

1. Membuat Database. 




Hasil setelah Create Database :


2. Membuat Tabel Anggota didalam Database Perpus .




Output Tabel Anggota :



3. MengInput Tabel Anggota Dengan data yang telah di sediakan :




Output Data input :

4. Meng Update data tabel yang telah tersedia
 Output dari Update tabel :
 
 
 

Cara Membuat Database Dari Microsoft Access 2007

Database adalah file data yang berisi objek seperti tabel, query, report dan lainnya. Pada tampilan awal dari program Acces 2007, anda dapat membuat sebuah Database baru atau membuka database yang telah dibuat sebelumnya.
Berikut Langkah-Langkahnya:

Langkah 1

Klik Menu Start-All Program – Ms. Office – Ms.Access 2007

Langkah 2

Klik Blank Database, tentukan lokasi penyimpanan dan nama database, klik tombol Create

Maka akan tampil area kerja Ms. Access 2007, seperti gambar dibawah ini:
Office Button : adalah pengganti menu file yang biasa anda temukan pada versi sebelumnya
Quick Access Toolbar  : adalah customizable yang berisi perintah-perintah penting seperti save, undo, redo dan masih banyak lagi perintah yang dapat anda tambahkan sendiri sesuai dengan keperluan.
Ribbon : merupakan pengganti Toolbar yang sering anda temukan pada versi sebelumnya.
Database Object : merupakan objek-objek yang telah diaktifkan dan digunakan dalam sebuah database. Contohnya seperti : Table, Form, Report, Macro dll.
Object Preview : Tampilan object yang anda aktifkan seperti table, form, report, dll
View Shortcut : adalah fitur dalam Access 2007 yang berguna untuk mengubah tampilan objek dengan mode tertentu sesuai dengan objek yang digunakan. Contohnya: Design View, Layout View, DataSheet View, Form View dll.
A.   Membuat Table Menggunakan DataSheet View
Tabel Data Mahasiswa PalComTeh

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

  • Masih pada jendela Ms. Acces 2007 yang aktif
  •  Ketika anda mebuat database baru, sebuah tabel secara otomatis akan tampil didalam Preview object
  • Klik tombol Close untuk menutuk jendela tab Table 1 yang aktif, dengan cara klik tombol Close yang terletak di sudut kanan atas.

Langkah 2

Anda dapat membuat tabel baru, dengan cara klik Create – Table dalam group Tables, seperti gambar dibawah ini:

Maka tabel baru akan tampil, untuk mengganti nama field pada tabel dengan cara double klik pada nama field tersebut, seperti gambar dibawah ini:
Field baru akan tampil disebelah kanan field Nama, lanjutkan dengan memberi nama field lainnya.

Langkah 3

Jika telah selesai klik Datasheet – View – Design View, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 4

Kotak dialog Save As akan tampil, simpan tabel dengan nama tb_mahasiswa dan klik Ok.
Anda dapat melihat keterangan tabel yang dibuat yaitu nama field, tipe data, penggunaan primary key dan lainnya.

Langkah 5

Kembali ketampilan seblumnya, klik Design – View – Datasheet View, seperti gambar dibawah ini:
Langkah 6

Masukan data kedalama Field-field yang telah disediakan.

Langkah 7

Untuk menambah, mengedit atau pindah data record, dapat menggunakan fungsi record yang disediakan dibawah jendela object.

 

 B.      Membuat Tabel Menggunakan Design View

Tabel Data Mahasiswa PalComTech
Berikut Langkah-langkahnya:
Masih di database Latihan 1 yang aktif

Langkah 1

Tambahkan tabel baru, klik Create – Table Design, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 2

Masukan Field data yang disediakan.

Langkah 3

Jika telah selesai gunakan Primary Key pada field Nim, seperti pada gambar dibawah ini:
Note : Primary Key berfungsi sebagai pengunci data,
Agar pengimputan data yang sama tidak dapat di proses di
Dalam sebuah field.

Langkah 4

Klik Design – View – Datasheet View, seperti gambar dibawah ini:

Jika tampil kotak dialog seperti dibawah ini, pilih Save dan simpan dengan nama Tb_data_mahasiswa, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 5

Setelah seluruh field di buat, masukanlah datanya seperti gambar dibawah ini:
Jika telah selesai tutup jendela database Latihan 1, dengan cara klik tombol Office Button  dan klik  Close Database. 

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ^_^