twitter

Translate


بسم الله الرحمن الرحيم 

Primary Key
Primary Key merupakan kunci dari suatu table, sehingga haruslah bersifat unik seperti hal nya kunci pada umumnya. Primary Key dapat dianalogikan sebagai kunci pada dunia nyata. Pada dunia nyata, setiap pintu hanya mempunyai 1 kunci saja. Tidak mungkin ada satu pintu mempunyai kunci yang berbeda beda. Begitu juga dengan Primary Key, pada setiap tabel hanya diperbolehkan memiliki satu Primary Key saja, atau biasa disebut dengan PK. Misal terdapat tabel Mahasiswa sebagai berikut:
NIM Nama Tgl_Lahir
20111 Ilmu Web 2011-05-05
20112 Dot Net 2011-05-05
20113 Admin 2011-05-07
Tabel 1
Pada tabel diatas, dapat ditentukan bahwa Primary Key adalah ID karena tidak mungkin ada ID yang sama.
 
Primary Key dalam database adalah Teks atau angka yang ditetapkan sebagai kata kunci untuk menampilkan data tertentu dari beberapa data yang berhubungan atau sesuai dengan primary key yang ditetapkan. Primary key merupakan langkah awal dalam membuat aplikasi database yang dapat bersumber lebih dari satu tabel.

Primary key yang dibahas pada posting ini adalah primary database yang dibuat dari microsoft office access. Primary key dapat dikatakan sebagai kata kunci utama yang akan berfungsi untuk membuka dan menampilkan data khusus

Gambar di bawah ini adalah tampilan awal tabel microsoft office access setelah membuat file.


Cara membuat Primary key tabel aplikasi database microsoft office access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut, yaitu:
1. Klick pada tab Create
2. Klick Table Design
3. Buatkan uraian header kolom tabel
4. Tempatkan pointer kursor pada teks kolom header tabel yang ditetapkan sebagai primakey key
5. Klick Primary key
 
 



Apabila membuat primary key dalam database hal yang perlu diperhatikan adalah Teks pada Field Name dan Data Type antara tabel yang satu dengan lainnya yang ditetapkan sebagai primary key harus sama.

Contoh apabila sudah menetapkan teks NIM pada tabel pertama maka pada tabel lainnya juga harus teks NIM. Dan kalau sudah menetapkan Number pada Data Type tabel pertama maka pada tabel lainnya juga harus Number. Begitu sebaliknya. (perhatikan kedua tabel di atas).

6. Simpan (Ctrl S)
7. Tuliskan nama tabel pada teks box Tabel name
8. Klick Ok
 
smoga bermanfaat.. ^_^

Sumber: 

1 komentar:

  1. baik terima kasih. sangat membantu. syukron

Posting Komentar