twitter

Translate


بسم الله الرحمن الرحيم 

Data base adalah suatu koleksi data computer yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dengan cara yang memudahkan pengambilan kembali. DASD (medium file master yang baik) harus digunakan. Tujuan utama dari konsep database adalah meminimumkan pengulangan data dan mencapai independensi. Pengulangan data (data redundancy ) adalah duplikasi data artinya data yang sama disimpan dalan beberapa file. Independensi data adalah kemampuan untuk membuat perubahan dalan struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data. Independensi data dicapai dengan menempatkan spesifikasi data dalam label dan kamus yang terpidah secara fisik dari program. Program mengacu pada tabel untuk mengakses data. Perubahan pada struktur data hanya dilakukan sekali, yaitu dalam tabel.
Ketika perusahaan mengadopsi konsep database, hirarki data menjadi:
• database
• file
• catatan
• elamen data
File-file tersendiri dapat tetap ada, mewakili komponen -komponen utama dari database namun organisasi fisik dari data tidak menghambat pemakai. Tersedia berbagai cara untuk mengintegrasikan isi dari file-file yang memiliki hubungan logis.

Bentuk Data Base
1. Hierarchical DataBase
Biasa digunakan untuk jaringan komunikasi data yang berupa hierarchi/tree. Dasar hierarchi Data base berusaha untuk menggambar realita dalam sebuah organisasi kebentuk data komputer.
2. Network DataBase
Network DB dibuat karena jaringan komunikasi memiliki topology Mesh, shg membutuhkan bentuk ini. Network Data Base memiliki struktur file yang sama, sehingga file yang satu dapat mengetahui / mendapatkan informasi file yang lain dengan benar.
3. Relational DataBase
Bentuk DB yang paking Fleksibel dan terbuka. Biasanya digunakan pada local saja.

Struktur Data Base
Integrasi logis file dapat dicapai secara eksplisit atau secara implicit.
• Hubungan eksplisit
inverted index dan link field menetapkan hubungan eksplisit antara data yang terintefrasi secara logis dalam file yang sama. Suatu pendekatan untuk menetapkan hubungan eksplisit antara catatan dari beberapa file adalah dengan menyusun catatan-catatan tersebut dalam suatu hirarki. Ini disebut struktur hirarkis. Dalam struktur seperti ini, setiap catatan pada satu tingkat dapat dihubungkan ke berbagai catatan yang setingkat lebih rendah. Catatan yang memiliki anak disebut parent dan anak catatan itu sisebut children.
• Hubungan implicit
Pada awal 1970-an Edgar f. Codd dan C.J. Date, keduanya dari IBM tetapi bekerja secara terpisah, mengembangkan statu pendekatan untuk menetapkan hubungan antar catatan yang tidak harus dinyatakan secara eksplisit. Link field khusus tidakperlu disertakan dalam catatan. Pendekatan Codd dan Date dinamai struktur relasional, dan menggunakan hubungan implicit, yaitu hubungan yang dapat dinyatakan secara tidak langsung dari catatan data yang telah ada. Keuntungan utama dari struktur relasional bagi CBIS adalah fleksibelitas yang ditawarkanya dalam rancangan dan penggunaan database. Pemakai dan spesialis informasi dibebeskan dari keharusan mengidentifigasi semua informasi yang diperlukan
sebelum menciptakan database.

Tipe-tipe Data Base
a. Operational DataBase
DB menyimpan data detail yang dibutuhkan untuk mendukung operasi dari entire organization.
b. Analytical DataBase
Menyimpan data dan information extrated dari operational yang diseleksi dan external DB. Meliputi data dan informasi yang banyak dibutuhkan oleh manajer organisasi dan end user.
c. Data WareHouse
Merupakan pusat data sentral yang ditampilkan dan diintegrasikan sehingga dapat digunakan oleh manajer dan user professional untuk macam-macam analisis bisnis, penelitian pasar dan decision support.
d. Distributed DataBase
e. End User DataBase
Data Base terdiri dari variasi data yang dikembangkan oleh end user pada workstation.
f. HyperMedia DataBase
g. External DataBase

Komponen Data Base 
1. File data base : memiliki elemen-elemen data yang disimpan dalam salah satu format organisasi file data base.
2. DBMS : suatu kelompok program software yang mengelola DB, mengontrol akses terhadap DB, menjaga pengamanan DB dan melakukan tugas-tugas lain.
3. Sistem Antar-Muka Bahasa Induk (A Host Language Interfice system)
Bagian dari DBMS yang berkomunikasi dengan program aplikasi, menafsirkan intruksi dan bahasa tingkat tinggi aplikasi.
4. Program Aplikasi
5. Sebuah sistem Antar muka Bahasa Alami ( A Natural Language Interface system)
Suatu bahasa pertanyaan (query language) yang memungkinkan pemakai untuk mendapatkan keterangan tentang apa saja yang tersedua pada system komputer.
6. Kamus Data (data dictionary)
Pusat penyimpanan infomasi data-data dari DB yang memuat skema DB, yang mana nama dari setiap item dalam DB serta deskripsi dan definisi atribut-atributnya yang merujuk pada data standar.
7. Terminal Pengaksesan dan pemutakhiran yang online
Letaknya dapat berdekatan / berjauhan.
8. Sistem keluaran / pembuat Reportase ( The output system or report Generator)
Terdiri dari laporan biasa ,dokumen dan laporan khusus.
 
Kriteria DataBase
1. Struktur filenya memudahkan untuk mengcutkan suatu record dengan record lainnya.
2. Penggabungan file secara menyilang dimungkinkan, sehingga record yang sebelumnya bebas karena biasa digabung dan diproses bersama secara otomatis.
3. File program/datanya bersifat bebas, sehingga memudahkan untuk pemutakhiran dan perawatan DB.
4. Memilih rumusan bersama (common definition) dalam kaitannya dengan definisi data, format record dan berbagai jenis deskripsi lainnya.
5. Memiliki DBMS untuk mengelola data.
6. Kamus Data
7. Memiliki memori akses langsung yang besar untuk memuat data DBMS.
8. Memiliki program dan piranti komunikasi yang canggih, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses data secara serempak.
9. Memiliki teknik-teknik penyalinan (back up), penghidupan kembali (restart) dan perolehan kembali (recovery) yang canggih yang dapat merekrontuksi kembali file-file DB jika ada data yang rusak/hilang.
10. Adanya Query Language.

Manajerial DataBase Meliputi
1. System Intelegent
Untuk perencanaan strategis, baik dalam substansi jumlahnya maupun sifatnya bagi kegiatan manajemen puncak.
2. Masalah-masalah management khusus
3. Model Manajemen
4. Tugas Kunci system informasi
Perangkat lunak data base
Perangkat lunak yang menetapkan dan memelihara integrasi logis antar file, baik eksplisit maupun implicit disebut system manajemen database( datavase management system ) DBMS. IDS dari General Electric adalaj contoh pertamanya dan kemudian diikuti oleh sejumlah usaha serupa dari pemasok perangkat keras dan perangkat lunak lain. Contoh DBMS yang menggunakan struktur hirarkis adalah IMS (Infirmation Management System) dari IBM dan System 2000 dari Intel.
 
Menciptakan database.
Proses menciptakan database mencakup tiga langkah utama, yaitu;
• Menentukan kebutuhan data, meliputi pendekatan berorientasi proses, pendekatan model perusahaan.
• Menjelaskan data, dengan cara system kamus data, data description language.
• Memasukan data

Pengelola database
Seorang spesialis informasi yang bertanggung jawab atas database disebut pengelola database atau DBA. Tugas DBA terbagi dalam empat bidang utama;
• Perencanaan database, mencakup sama dengan para manajer untuk mendefinisikan skema perusahaan dengan para pemakai untuk mendefinisikan subskema mereka. Selain itu juga perperan penting dalam memilih DBMS.
• Penerapan database, terdiri dari menciptakan data base yang sesuai dengan DBMS yang dipilih, serta menetapkan dan menegakkan kebijakan dan prosedur penggunaaan database.
• Operasi database, mencakup menawarkan program pendidikan kepada pemakai datavase dan menyediakan bantuan saat diperlukan.
• Keamanan database, meliputi pemantauan kegiatan database dengan menggunakan statistic yang disediakan DBMS. Selain itu juga memastikan bahwa data base tetap aman.
DBMS (Data Base Management System)
DBMS: Suatu cara dalam bentuk system yang berguna dalam menyimpan data penggunaan cara yang tepat dapat mempercepat penyimpanan data ,pemrosesan data dan pengambilan data.
 
Empat hal penting dalam DBMS
a. Query language
b. Security consideration
c. Biaya tidak langsung pemrosesan
d. Kecocokan dengan tipa aplikasi

Elemen-elemen utama dari DBMS:
• Data description language processor
• Performance statistics processor
• Modul backup/recovery
• Manajer database

Keuntungan DBMS
• Mengurangi pengulangan data
• Mencapai independesi data
• Mengintegrasikan data beberapa file
• Mengambil data dan informasi secara cepat
• Meningkatkan keamanan
• Meningkatkan presentasi kesiapan data (data availability) yang berarti tersedia pada waktu dibutuhkan.
• Mempercepat penyimpanan dan pengambilan data.
• Mempercepat dan mempermudah pemrosesan data
• Mengurangi penyimpanan data yang rangkap
• Mempermudah pemrograman karena lebih fleksibel.

Kerugian DBMS
• Kurangnya ahli Data Base
• Biaya pemrosesan data sangat tinggi
• Kebutuhan software dan Hardware yang bertambah
• Penggabungan dan pengamanan data
Mangikat pemakai untuk
• Memperoleh perangkat lunak yang mahal
• Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar
• Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA


Smoga bermanfaat.. ^_^

Sumber: http://mayazyaze.wordpress.com/2010/02/27/semua-tentang-data-base-dbms/


بسم الله الرحمن الرحيم 

Baca File teks bagian dari artikel ini menjelaskan cara menggunakan kelas StreamReader untuk membaca file teks. Menulis File teks (contoh 1) dan bagian menulis File teks (contoh 2) menjelaskan bagaimana menggunakan StreamWriter kelas untuk menulis teks ke file.

Membaca File teks

Kode berikut menggunakan kelas StreamReader membuka, untuk membaca, dan untuk menutup file teks. Anda dapat melewati jalan file teks ke konstruktor StreamReader untuk membuka berkas secara otomatis. Metode ReadLine membaca setiap baris teks, dan akan menambahkan berkas pointer ke baris berikutnya seperti membaca. Ketika metode ReadLine mencapai akhir file, itu akan kembali null referensi.
  1. Buat sampel file teks di Notepad. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
    1. Tempel teks berikut di Notepad:

      hello world
    2. Simpan file sebagai Sample.txt.
  2. Mulai Microsoft Visual Studio.
  3. Pada berkas menu, titik baru, dan kemudian klik proyek.
  4. Klik Visual C# proyek di bawah Jenis proyek, dan kemudian klik Aplikasi konsol di bawah template

    Catatan Dalam Visual Studio 2005 atau Visual Studio 2008, klik Visual C# di bawah Jenis proyek, dan kemudian klik Aplikasi konsol di bawah template.
  5. Tambahkan kode berikut di awal file Class1.cs:

    using System.IO;
    Catatan Dalam Visual Studio 2005 atau Visual Studio 2008, default file adalah Program.cs.
  6. Tambahkan kode berikut untuk metode utama :

    String line;
    try 
       {
        //Pass the file path and file name to the StreamReader constructor
        StreamReader sr = new StreamReader("C:\\Sample.txt");
    
        //Read the first line of text
        line = sr.ReadLine();
    
        //Continue to read until you reach end of file
        while (line != null) 
        {
         //write the lie to console window
         Console.WriteLine(line);
         //Read the next line
         line = sr.ReadLine();
        }
    
        //close the file
        sr.Close();
        Console.ReadLine();
       }
       catch(Exception e)
       {
        Console.WriteLine("Exception: " + e.Message);
       }
       finally 
       {
        Console.WriteLine("Executing finally block.");
       }
    
  7. Pada Debug menu, klik mulai untuk mengkompilasi dan menjalankan aplikasi. Tekan ENTER untuk menutup jendela konsol. Jendela konsol yang menampilkan isi berkas Sample.txt.

    Hello world

Menulis File teks (contoh 1)

Kode berikut menggunakan StreamWriter kelas untuk membuka, menulis, dan untuk menutup file teks. Dalam cara yang mirip dengan kelas StreamReader , Anda dapat melewati jalan file teks ke konstruktor StreamWriter untuk membuka berkas secara otomatis. Metode WriteLine menulis baris lengkap teks ke file teks.
  1. Mulai Visual Studio.
  2. Pada berkas menu, titik baru, dan kemudian klik proyek.
  3. Klik Visual C# proyek di bawah Jenis proyek, dan kemudian klik Aplikasi konsol di bawah template.

    Catatan Dalam Visual Studio 2005 atau Visual Studio 2008, klik Visual C# di bawah Jenis proyek, dan kemudian klik CLR Console Application di bawah template.
  4. Tambahkan kode berikut di awal file Class1.cs:

    using System.IO;
  5. Tambahkan kode berikut untuk metode utama :

    try 
       {
    
        //Pass the filepath and filename to the StreamWriter Constructor
        StreamWriter sw = new StreamWriter("C:\\Test.txt");
    
        //Write a line of text
        sw.WriteLine("Hello World!!");
    
        //Write a second line of text
        sw.WriteLine("From the StreamWriter class");
    
        //Close the file
        sw.Close();
       }
       catch(Exception e)
       {
        Console.WriteLine("Exception: " + e.Message);
       }
       finally 
       {
        Console.WriteLine("Executing finally block.");
       }
  6. Pada Debug menu, klik mulai untuk mengkompilasi dan menjalankan aplikasi. Kode ini menciptakan sebuah file yang bernama test.txt di pada kandar C. terbuka test.txt di dalam editor teks seperti Notepad. Test.txt di berisi dua baris teks:

    Hello World!!
    From the StreamWriter class
    

Menulis File teks (contoh 2)

Kode berikut menggunakan StreamWriter kelas untuk membuka, menulis, dan untuk menutup file teks. Tidak seperti contoh sebelumnya, kode ini melewati dua parameter tambahan ke konstruktor. Parameter pertama adalah file path dan nama file dari file. Parameter kedua, benar, menentukan bahwa berkas dibuka di menambahkan mode. Jika Anda menentukan palsu untuk parameter kedua, isi file ditimpa setiap kali Anda menjalankan kode. Parameter ketiga menentukan Unicode, sehingga StreamWriter encode file dalam Unicode format. Anda juga dapat menentukan metode pengkodean berikut untuk parameter ketiga:
  • ASC11
  • Unicode
  • UTF7
  • UTF8
Tulis metode ini mirip dengan WriteLine metode, kecuali bahwa metode menulis secara otomatis tidak menanamkan karakter carriage return atau line feed (CR/LF) karakter kombinasi. Hal ini berguna bila Anda ingin menulis satu karakter pada satu waktu.
  1. Mulai Visual Studio.
  2. Pada berkas menu, titik baru, dan kemudian klik proyek.
  3. Klik Visual C# proyek di bawah Jenis proyek, dan kemudian klik Aplikasi konsol di bawah template

    Catatan Dalam Visual Studio 2005 atau Visual Studio 2008, klik Visual C# di bawah Jenis proyek, dan kemudian klik Aplikasi konsol di bawah template
  4. Tambahkan kode berikut di awal file Class1.cs :

    using System.IO;
    using System.Text;
    Catatan Dalam Visual Studio 2005 atau Visual Studio 2008, default file adalah Program.cs.
  5. Tambahkan kode berikut untuk metode utama :

    Int64 x;
    
       try 
       {
        //Open the File
        StreamWriter sw = new StreamWriter("C:\\Test1.txt", true, Encoding.ASCII);
    
        //Writeout the numbers 1 to 10 on the same line.
        for(x=0; x < 10; x++)
        {
         sw.Write(x);
        }
    
        //close the file
        sw.Close();
       }
       catch(Exception e)
       {
        Console.WriteLine("Exception: " + e.Message);
       }
       finally 
       {
        Console.WriteLine("Executing finally block.");
       }
  6. Pada Debug menu, klik mulai untuk mengkompilasi dan menjalankan aplikasi. Kode ini menciptakan sebuah file yang bernama Test1.txt pada kandar C. Test1.txt terbuka di editor teks seperti Notepad. Test1.txt berisi satu baris teks:

    0123456789

Daftar kode lengkap

  • Membaca File teks

    //Read a Text File
    using System;
    using System.IO;
    
    namespace readwriteapp
    {
     class Class1
     {
      [STAThread]
      static void Main(string[] args)
      {
      
       String line;
    
      try 
       {
        //Pass the file path and file name to the StreamReader constructor
        StreamReader sr = new StreamReader("C:\\Sample.txt");
    
        //Read the first line of text
        line = sr.ReadLine();
    
        //Continue to read until you reach end of file
        while (line != null) 
        {
         //write the lie to console window
         Console.WriteLine(line);
         //Read the next line
         line = sr.ReadLine();
        }
    
        //close the file
        sr.Close();
        Console.ReadLine();
       }
       catch(Exception e)
       {
        Console.WriteLine("Exception: " + e.Message);
       }
       finally 
       {
        Console.WriteLine("Executing finally block.");
       }
      }
     }
    }
    
  • Menulis File teks (Versi 1)

    //Write a text file - Version-1
    using System;
    using System.IO;
    
    namespace readwriteapp
    {
     class Class1
     {
      [STAThread]
      static void Main(string[] args) 
      {
       try 
       {
    
        //Pass the filepath and filename to the StreamWriter Constructor
        StreamWriter sw = new StreamWriter("C:\\Test.txt");
    
        //Write a line of text
        sw.WriteLine("Hello World!!");
    
        //Write a second line of text
        sw.WriteLine("From the StreamWriter class");
    
        //Close the file
        sw.Close();
       }
       catch(Exception e)
       {
        Console.WriteLine("Exception: " + e.Message);
       }
       finally 
       {
        Console.WriteLine("Executing finally block.");
       }
      }
     }
    }
  • Menulis File teks (versi 2)

    //Write a text file  - Version 2
    using System;
    using System.IO;
    using System.Text;
    
    namespace readwriteapp
    {
     class Class1
     {
      [STAThread]
      static void Main(string[] args) 
      {
         
       Int64 x;
    
       try 
       {
        //Open the File
        StreamWriter sw = new StreamWriter("C:\\Test1.txt", true, Encoding.ASCII);
    
        //Writeout the numbers 1 to 10 on the same line.
        for(x=0; x < 10; x++)
        {
         sw.Write(x);
        }
    
        //close the file
        sw.Close();
       }
       catch(Exception e)
       {
        Console.WriteLine("Exception: " + e.Message);
       }
       finally 
       {
        Console.WriteLine("Executing finally block.");
       }
      }
     }
    }

 

Memecahkan masalah

Untuk semua berkas manipulasi baik pemrograman praktek untuk membungkus kode dalam mencoba-menangkap-akhirnya blok untuk menangani kesalahan dan pengecualian. Secara khusus, Anda mungkin ingin melepaskan menangani ke file di akhir blok sehingga file tidak terkunci tanpa batas. Beberapa kesalahan mungkin termasuk file yang tidak ada, atau berkas yang sedang digunakan.

 Smoga bermanfaat.. ^_^

Sumber: http://support.microsoft.com/kb/816149/id-id


Menulis dan membaca (Read and Write) file di C# (C Sharp)

Hampir semua bahasa pemrograman menyediakan function untuk melakukan proses baca atau tulis pada suatu file, mirip seperti java C# pun juga menggunakan stream untuk melakukan proses read dan write. Berikut ini adalah source code utama untuk melakukan proses write ke file
using (StreamWriter tulis = new StreamWriter(@"C:\bobot1.txt", false))

Sekarang mari kita implementasikan source code diatas ke dalam sebauh project, seperti biasanya siapkan terlebih dahulu project kosong, klik file new project pada IDE visual studio 2010 setelah itu akan muncul sebuah kotak dialog project name, silahkan masukan nama project, tidak ada aturan khusus dalam penamaan project. Untuk langkah demi langkah selanjutnya silahkan ikuti instruksi instruksi dibawah ini
langkah 1 : tambahkan beberapa toolbox yang diguanakan seperti text, label dan button. Atur dan tata sedemikian rupa sehingga tampilannya seperti pada gambar dibawah ini

 Gambar 1. Preview desain aplikasi
langkah 2 : tambahkan library agar C# dapat melakukan operasi input dan output. pada header program tambahakan library seperti berikut ini
using System.IO;

langlah 3 : Double klik pada button satu (button yang berlabelkan save) untuk membangkitkan event single klik pada button tersebut (untuk lebih detail tentang even silahkah klik macam-macam event di C#) tambahakan source code berikut ini pada event singel klik pada button1
 try
     {
       using (StreamWriter tulis = new  StreamWriter(@"C:\fileku.txt", false))
                {
                    tulis.Write(textBox1.Text);
                }
            }
            catch (Exception error)
            {
       MessageBox.Show("Terjadi kesalahan\n" + error.ToString());
    }

langkah 4 : lakukan hal yang sama untuk button2 (button yang berlabelkan READ) untuk membangkitkan event single klik (keterangan lebih lanjut tentang event klik macam-macam event di C#) masukan source code berikut ini
 using (StreamReader sr = new StreamReader(@"C:\fileku.txt"))
            {
                String line;               
                while ((line = sr.ReadLine()) != null)
                {
                    textBox2.Text = line;                      
                }                
            }

langkah 5 : done, program selesai dibuat. Jika langkah langkah diatas dilakukan dengan benar, maka saat program dijalankan program akan tampil seperti pada gambar diatas, setalah user memasukan text string di textBox1 dan menekan tombol save, file text akan disimpan oleh program berupa file.text di directory C:\fileku.txt. Berikut ini hasil preview program yang telah dirunning

Gambar 2. Preview hasil running program
dan setelah itu bisa dilihat di directory C:\fileku.txt. disitu terlihat terdapat file yang dibuat oleh program untuk menyimpan string yang diinputkan oleh user

Gambar 3. File text di directory C

Jika button read pada program diklik maka semua string yang ada di file fileku.text dibaca semuanya, berikut ini adalah preview hasil program
 Gambar 4. Preview hasil running program
untuk lebih jelasnya dalam memahami tutorial proses baca dan menulis/ Read and Write silahkan download full projectnya pada link dibawah ini
download project readDanWriteStringdiC#.rar


pandauan download : klik link download yang disediaan diatas, setelah itu akan muncul halaman adf.ly, tunggu beberapa detik sampai pada pojok kanan atas muncul tulisan skip ad. klik tombol tersebut ,setelah itu akan muncul halaman ziddu, silahkan klik pada button download yang muncul pada halaman ziddu
NB : Dalam tutorial ini program ditulisa menggunakan IDE Visual studio 2010. dengan target framework 2.0 . Sehingga minimal komputer harus terinstal windows xp untuk bisa menjalankan program *.exe nya, Sedangkan untuk membuka projectnya mau tidak mau harus menginstal microsoft visual studio 2010

 Smoga bermanfaat.. ^_^

Sumber: http://www.csharp-indonesia.com/2011/06/menulis-dan-membaca-read-and-write-file.html


بسم الله الرحمن الرحيم 

Langkahnya:
Buat Project baru, karena menggunakan bahasa C# maka pilih C#.NET - WindowsApplication. Kemudian pada Toolbox klik kanan Choose Items..


Setelah muncul Choose Toolbox Items, kemudian pilih Shockwave Flash Object. Perlu diingat, komponen ini hanya muncul apabila sudah menginstall program Adobe Flash.


Kemudian pada Form1 tambahkan Button1, OpenFileDialog1 dan


Setelah itu klik dua kali pada Button1 dan tambahkan kode program berikut ini :


        private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
        {
            if (openFileDialog1.ShowDialog() == DialogResult.OK)
            {
                axShockwaveFlash1.Movie = openFileDialog1.FileName;
                axShockwaveFlash1.MovieData = openFileDialog1.FileName;
                axShockwaveFlash1.Play();
            }
        }


Kemudian jalankan projectnya, Klik tombol Open, pilih file Flash *.swf, maka Flash tersebut akan dimainkan di dalam Form.



Kode program selengkapnya dapat didownload di Google Docs, disini. Setelah muncul klik File - Download untuk mengunduh.


smoga bermanfaat,, ^_^


Sumber: http://cariprogram.blogspot.com/2012/07/menampilkan-flash-player-pada-cnet.html


بسم الله  الرحمن الرحيم

Dalam pemrograman Visual C# .Net, memungkinkan untuk melakukan generate angka acak(random numbers) dengan menggunakan Random Class. Lalu, apa sih Random Class itu ?? Secara definisi,  

Secara definisi: "Represents a pseudo-random number generator, a device that produces a sequence of numbers that meet certain statistical requirements for randomness." http://msdn.microsoft.com/en-us/library/system.random.aspx

Berikut ini cara contoh menggunakan Random Class di Visual C# .Net :

Dan hasil dari code diatas seperti sebagai berikut :

Fungsi random angka ini bisa kita gunakan untuk random karakter, karena pada dasarnya karakter itu berupa angka(kode ASCII). Sehingga kita tinggal ubah angka yang didapat dari hasil random tersebut menjadi sebuah karakter. Contoh :
Random rand = new Random();
int i = rand.Next(312);
Console.WriteLine("Angka " + i.ToString() + " => " + (char)i);
 Sumber:  http://irman-sulaeman.blogspot.com/2012/09/random-di-visual-c-net.html


Ada lagii nii,,   
Mengkombinasikan Random dengan Thread. Langkah pertama saya akan membuka project thread saya yang sebelumnya, lalu saya akan menambahkan beberapa kode berikut pada bagian ini:
 

Kemudian akan saya ubah menjadi seperti ini:


Saya membuat sebuah array of string yang nantinya tiap data yang ada di index akan ditampilkan. Kemudian saya membuat sebuah objek dari class random. Setelah itu saya membuat sebuah variabel integer yang berguna untuk menyimpan angka yang diacak. Kemudian di dalam statement perulangan, variabel j di-assign dengan random.Next(0,9); yang berfungsi mengacak angka dari 0 hingga 9. Saya tekan F5 dan hasilnya akan seperti ini:



Smoga bermanfaat.. ^_^


بسم الله  الرحمن الرحيم 
Step 1
Buka dulu Macromedia Flash-nya. Kalo udah, sekarang kalian buat objek. Bebas, kotak, bulet, segitiga, dsb.  Dari gambar juga bisa.

"Macromedia Flash | Cara Menggerakan Objek"

Step 2
Setelah objek kalian buat, select objek lalu tekan F8 untuk meng-convert ke simbol. Beda dengan post sebelumnya yang memilih type Button, kali ini kita pilih type Movie clip, next pilih OK.

"Macromedia Flash | Cara Menggerakan Objek"

Step 3
Lanjut ke step berikutnya. Sekarang kita main sedikit di script-nya. Select objek trus teken F9 untuk masuk ke menu Action. Nah, disini kalian tulis script-nya.


"Macromedia Flash | Cara Menggerakan Objek"

Step 4
Pastikan kalo script yang kalian tulis itu sama kaya yang ada di atas. Kalo udah selesai nulis script-nya itu artinya sudah jadi. Tekan CRTL + Enter untuk mencoba-nya.

"Macromedia Flash | Cara Menggerakan Objek"
 

slamat mencoba... ^_^
sumber: