twitter

Translate


بسم الله  الرحمن الرحيم

Dalam pemrograman Visual C# .Net, memungkinkan untuk melakukan generate angka acak(random numbers) dengan menggunakan Random Class. Lalu, apa sih Random Class itu ?? Secara definisi,  

Secara definisi: "Represents a pseudo-random number generator, a device that produces a sequence of numbers that meet certain statistical requirements for randomness." http://msdn.microsoft.com/en-us/library/system.random.aspx

Berikut ini cara contoh menggunakan Random Class di Visual C# .Net :

Dan hasil dari code diatas seperti sebagai berikut :

Fungsi random angka ini bisa kita gunakan untuk random karakter, karena pada dasarnya karakter itu berupa angka(kode ASCII). Sehingga kita tinggal ubah angka yang didapat dari hasil random tersebut menjadi sebuah karakter. Contoh :
Random rand = new Random();
int i = rand.Next(312);
Console.WriteLine("Angka " + i.ToString() + " => " + (char)i);
 Sumber:  http://irman-sulaeman.blogspot.com/2012/09/random-di-visual-c-net.html


Ada lagii nii,,   
Mengkombinasikan Random dengan Thread. Langkah pertama saya akan membuka project thread saya yang sebelumnya, lalu saya akan menambahkan beberapa kode berikut pada bagian ini:
 

Kemudian akan saya ubah menjadi seperti ini:


Saya membuat sebuah array of string yang nantinya tiap data yang ada di index akan ditampilkan. Kemudian saya membuat sebuah objek dari class random. Setelah itu saya membuat sebuah variabel integer yang berguna untuk menyimpan angka yang diacak. Kemudian di dalam statement perulangan, variabel j di-assign dengan random.Next(0,9); yang berfungsi mengacak angka dari 0 hingga 9. Saya tekan F5 dan hasilnya akan seperti ini:



Smoga bermanfaat.. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar